Home » » Petunjuk Service Monitor LCD LG Mati Total

Petunjuk Service Monitor LCD LG Mati Total


Berikut Solusi untuk Servis Monitor LCD merk LG mulai dari ukuran 15″ - 25″....yg Kondisinya Mati Total.

Pada semua seri LG FLATRON LCD,kerusakan yg  sering terjadi adalah kerusakan pada sistem regulatornya dan hampir terjadi pada semua type ( mulai 15″- 25″ ).Ini mungkin di sebabkan karena kerja monitor yang memang nonstop 24 jam terus tanpa istirahat sedikit pun.

Untuk memulai mereparasinya dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Buka casing monitor dengan cara menggunakan obeng pipih / minus untuk melepaskan kunci casing body di semua sisi body monitor.Karena monitor LCD ini tidak menggunakan baut sebagai pengunci body.seperti saat kita membongkar remote control.
2. Buka /lepaskan 4 buah baut di belakang panel.Baut ini mengunci casing panel belakang dengan box metal dari rangkaian regulator dan inverter.
3. Angkat casing belakang panel dan lepaskan soket J1 ,soket yg menuju tombol panel control disisi samping.
4. Lepaskan soket yang menuju perangkat LCD ( soket-soket inverter dan kabel data LCD )hati2 jangan sampai kabel data nya robek.
5. Buka box metal penutup blok regulator dengan cara melepaskan isolasi/perekat nya.
6. Buka baut PCB blok regulator ini agar dapat kita angkat/keluarkan dari dalam box pelindung ini.
7. Segera dapat anda lihat langsung ,ada beberapa elco 2-3 buah yang kelihatan menggembung, yaitu : C202 ( 470/25V ), c203 ( 680/25V ) dan C204 (1000/25V).
8. Ganti ketiga komponen tersebut, selesai….mudah bukan?..

Sebagai tambahan regulator ini menggunakan transistor utama type : STK 0765,bila sulit mencari penggantinya dapat anda gunakan TR FET type : FS 7UM atau FS10 UM.
Jika anda mendapatkan keluhan dari monitor LCD LG FLATRON type berapa saja,jangan ragu untuk mereparasinya karena hanya bagian ini saja lah yang sangat sering terjadi kerusakan.
cukup mudah bahkan bagi para pemula sekalipun..

Semoga bermanfaat..

harga elco nya cukup murah sekitar Rp. 3.000,-  sedangkan transistornya sekitar Rp 25000

Tambahan :
Dari mas wiwin prasetyo (enginer pt tyfountex ind) jika transistor fet diatas susah dicari, maka cari persamaan yg lain yaitu IRF 350 atw IRF 450

ViralGen Referral Shopping

9 komentar:

  1. OK Gan mantab tutornya...dah di coba n it's work's thx

    BalasHapus
  2. Weh mantab gan tutortialnya... tapi kurang jelas gan... tambahin donk gambar Elco dan TR / IRF nya.. maklum gan pemain baru....

    Ane Ctrl+D dolo... biar mudah main lagi keblog ini.....

    BalasHapus
  3. gan. ane ada LG flatron w1953s mato cuma nyala indikator nya aj, ane cek elco masih utuh gk ada yang gelembung.. kira2 penyebabnya apa ya gan.. thks

    BalasHapus
  4. makasih Om.. (ni entah copyan/bukan) saya saludth..., makasih dan ini sangat membantu..
    salam kenal black.anoman@gmail.com

    BalasHapus
  5. kalo elco masih utuh berarti transistornya. basic tutorial saya peroleh dari teman saya mas wiwin prasetyo yg bekerja sbg enginer jadi saya yakin akan kemampuannya dibidang ini

    BalasHapus
  6. mau tanya dong mas..
    saya pakai flatron W1953s
    permasalahan monotor tidak mati tital tapi gambar redup dan tulisan kurang jelas..
    di seting layar tidak bisa
    pernah nanya ke tukang service katanya LCDnya dan tidak mau cek penyebab kerusakannya

    ada saran gak
    txs...

    BalasHapus
  7. tolong kasih saran solusi tv LCD LG22LK230,kondisi mati stanby??

    BalasHapus
  8. gmana cra perbaiki lcd lg flatron l1915sn, jika tmbol power di on kan ,, nyala sebentar lalu mati dgn kondisi lmpu power kedap kedip

    BalasHapus
  9. Numpang nanya gan...alat2 apa aja yg perlu disiapkan untuk servis tv lcd.... mau bljr nihc...

    BalasHapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger